Gunung Giyanti, Track Santai untuk Pemula

July 4, 2018

Mungkin dari sebagian kawan-kawan masih asing dengan Gunung yang kali ini akan saya ulas. Gunung Giyanti terletak di desa Balesari, Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang adalah Gunung yang memiliki ketinggian 1200 mdpl. Mungkin bisa disebut bukit, namun warga setempat menyebutnya dengan Gunung Giyanti.

Gunung Giyanti ini menjadi salah satu obyek wisata lokal yang dikelola oleh warga setempat setelah sebelumnya dibina oleh mahasiswa yang sedang menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa setempat.

Ketika sampai pada pintu masuk, akan kita lihat semacam taman wisata yang dilengkapi berbagai tanaman yang sengaja diatur untuk estetikanya. Terdapat juga seperti rumah panggung terbuat dari bambu yang cocok untuk spot foto.

Sepanjang dari pintu masuk hingga sebelum puncak adalah lahan warga yang bertanamkan pinus dan kopi. Kala angin bertiup, Suara daun pinus jarum menjadi suara yang khas saat menemani mendaki. Sekitar bulan Mei kemarin, 2 hari sebelum memasuki puasa, saya berdua dengan teman mencoba untuk mendaki Gunung Giyanti yang tracknya cukup ramah untuk pendaki pemula. Sekitar satu jam, kami berdua sampai pada puncak Gunung Giyanti. Mungkin jika berangkat tidak dimalam hari, kemungkinan waktu tempuh kami kurang dari satu jam.

Semacam salah satu gunung yang memiliki fasilitas air, wc serta mushola bahkan tempat sampah pun ada. Namun perlu diingat, “tetap bawa turun sampah sampai ke basecamp”

20180516_061859_Richtone(HDR)
Puncak Gunung Giyanti (sebelah kiri)
20180516_073133
Puncak Gunung Giyanti (Sebelah Kanan)

pada puncak sebelah kanan ini nampak bukit-bukit yang saling berdekatan dan jauh dibelakang sana terdapat Gunung Sumbing yang berdiri dengan gagah. Baca juga perjalanan kami pada Jejak di Sumbing dan Segoro Banjaran (Masih Sumbing)

20180516_062812.jpg
Bukit-bukit sekitar Gunung Giyanti

Gunung Giyanti menjadi salah satu gunung yang sangat ramah untuk pendaki pemula. Tracknya yang ramah, tidak terlalu tinggi, tidak terlalu ramai oleh pendaki. Kita bisa melihat pemandangan sekitar Magelang dari ketinggian 1200 mdpl ini, baik malam maupun siang, akan sama indahnya. Pada pagi hari juga terdapat area spot untuk melihat Sunrise dengan pemandangan yang indah, jika tidak tertutup kabut.

 

Selamat Mendaki, Bawa Turun Sampahmu

Salam Lestari . . .

Tags: , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *