“Attitude Points” untuk Pendaki

June 28, 2017

Dari Jejak Cerita Merapi sebelumnya mengasilkan beberapa saran yang mungkin bermanfaat buat kita semua nih. Bukan cerita yang wah, melainkah saling berbagi dalam kebermanfaatan bukan merupakan suatu tindakan yang buruk juga. let’s Check it up !summit

  1. Pastikan dapat izin dari orang tua, sepele memang hanya sekedar izin tapi tanpa itu semua pendakian tak akan lancar. Esensi pendaian bukan soal puncak, melainkan kembali kerumah dengan selamat
jamPicture is from here
  1. Perhitungan waktu yang efisien kapan harus naik dan kapan harus turun. Jika memang belum tau sama sekali bagaimana track yang bakal didaki lebih baik sumit saat waktu yang terang, bisa pagi atau siang hari. Bisa irit batre senter juga kan ?
cuaca
picture is from  here
  1. Perhitungan juga ada kaitannya dengan cuaca, pintar-pintar lah baca cuaca manfaatkan gadget untuk keperluan yang berhubungan dengan keperluan pendakian seperti prediksi cuaca mungkin.
perlengkapan
picture is from here
  1. Pastikan perlengkapan untuk keamanan diri silakan dipersiapkan, seperti sepatu, senter, jaket dll. Untuk medan di Merapi sendiri banyak medan yang berbatu sehingga sepatu sangat diperlukan disini.

120823_backpacking-food-quinoa-hiking-backpacking-meals_0001picture is from here

  1. Persiapkan bekal untuk perjalanan selama pendakian serta air minum yang cukup.
228413_10987_XL-1024x768
picture is from here
  1. Kenali kemampuan diri, jangan terlalu memaksakan terhadap beban. Sesuaikan kemampuan
portfolio_mams2
picture is from here
  1. Sedikit melakukan mini research dengan browsing atau sekedar bertanya kepada yang sudah pengalaman lewat jalan mana menuju basecamp yang akan dituju hingga jalur yang akan ditempuh.
092106_sampah2 picture is from here
  1. Jaga sampah yang kalian bawa, karena disana banyak Monyet yang pasti mencari makanan jangan sampai mereka mengacak-acak sampah yang sudah kita kumpulkan didalam trash bag. Niat awa ga mau nyamapah, cuman gegara monyet jadi nyampah tak disengaja kan ?
IMG-20150514-WA0021-FILEminimizer-1024x768 picture is from here
  1. Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung, terus tebar kebaikan dimanapun kita berada junjung tinggi sopan santun kepada siapapun. Ikuti aturan yang berlaku secara umum maupun daerah tersebut. Terus berbuat baik kepada siapa pun kalau bukan hari itu kita menuai, mungkin esok dan atau suatu hari nanti. Namun jangan pikirkan apapun balasan terhadap yang kamu tanam, Tuhan lebih mengerti hakNya.
doa syafi'ie 
picture is from here
  1. Jangan sepelekan the power of “Do’a” justru dialam bebas seperti ini kejadian apapun serta resikonya lebih dekat mengarah ke kita. Untuk itu do’a merupakan hal terpenting sebagai penjagaan diri secara spiritual.

sepuluh point diatas berlaku untuk semua gunung kok, begitulah kurang lebih hal-hal yang harus diperhatikan sebelum dan saat mendaki. Tetap bersikap arif, seperti halnya karaktr bangsa Indonesia, buktikan kita bukan mental perusak  siapa yang akan menjaga alam, kalau bukan dari kita. #LoveMountain

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *