Kutemukan Manismu di Empat Belas Ribu

January 20, 2017

Kota Sejuta Bunga, begitu masyarakat memberi predikat terhadap kota Magelang. Karena banyak bunga yang tumbuh di pohon-pohon perkotaan di Magelang serta bunga-bunga yang turut menghiasi taman dikawasan perkotaan semakin menambah kecantikan akan kota ini. Sedikit bergeser dari kecantikan bunga Yuk, kita beralih ke salah satu makanan kota Magelang yaitu Kupat Tahu yang tak kalah menariknya dari jutaan bunga sebagai identitas kota. Kuliner unik dengan bumbu kacang dengan cita rasa manis khas masakan Jawa. 

Ulasan kali ini akan mengajak kita berselancar pada salah satu kekayaan kuliner Magelang. Makanan yang banyak dijumpai disekitar kota Magelang dan Kabupaten Magelang. Kamu yang datang dari arah Semarang jika hendak bepergian ke Yogyakarta pasti akan melewati kawasan Kabupaten Magelang yang mana banyak menjual Kupat Tahu di sepanjang jalan ke arah Yogyakarta. Jika dari arah kota Salatiga bisa melewati jalur Kopeng-Magelang dilanjutkan kearah Tegalrejo kemudian ikuti arah Yogyakarta yang sebelumnya melewati terminal Magelang. Terdapat di kawasan lain, seperti arah Magelang-Purworejo Kupat Tahu ini terdapat di sepanjang jalan menghiasi perjalananmu. 

Salah satunya Kupat Tahu Pak Sus di jalan Magelang-Purworejo km 07 (Depan Aqila Course) Kupat Tahu Pak Sus yang tidak begitu besar, namun cukup diminati pembeli. 
Warung Kupat Tahu dan soto Pak Sus Jalan Magelang-Purworejo km 07. 

Tahu merupakan komponen wajib yang harus ada pada hidangan Kupat Tahu khas Magelang.

Jika ada tahu berarti wajib hukumnya harus ada kupat. Kupat atau ketupat beras yang dimasukkan kedalam anyaman janur kuning kemudian direbus selama beberapa jam. Bentuknya seperti ketupat hidangam khas lebaran.

Kecambah dan Kubis merupakan sayur pelengkap dari Kupat Tahu

Irisan bakwan yang gurih diletakkan sebagai pelengkap

Saus kacang yang manis dengan bumbu bawang merupakan inti dari rasa yang memikat dari hidangan Kupat Tahu, So What do you waiting for ?

Dihidangkan dengan kerupuk bawang sebagai pelengkap Kupat Tahu. Cukup dengan 11.000 rupiah ditambah teh hangat 3.000 rupiah saja kamu bisa menikmati hidangan khas Magelang ini, salah satu kekayaan citarasa kelezatan khas Nusantara.

Belum lengkap rasanya jika kamu pergi ke suatu tempat tanpa mencicipi hidangan kuliner khas daerah tersebut. Jangan heran jika di kawasan Jawa Tengah apalagi mendekati arah Yogyakarta seperti Magelang ini, beberapa hidangan manis akan disuguhkan untuk memperkaya pengetahuan kuliner kamu jadilah pelopor pelestari kuliner khas nusantara. Happy explore, happy Kuliner Indonesia !!

#KulinerNusantara #KulinerMagelang #ExploreMagelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *