[Review Buku] Student Hidjo

March 3, 2020

Judul : Student Hidjo

Penulis : Mas Maro Karto Kartodikromo

Penerbit : Pustaka Narasi

Novel yang ditulis pada awal era pergerakan nasional ini dikemas cukup menarik. Mas Marco Kartodikromo memperkenalkan tokoh dengan balutan konflik romansa percintaan era kolonial Belanda. Hidjo merupakan seorang pembelajar, pencinta buku yang melanjutkan studi ke Belanda. Cultural Shock yang dialami oleh Hidjo sempat merubahnya beberapa saat dari karakter asli seorang pemuda Jawa beserta unggah-ungguhnya.

Pada situasi yang sama, Biroe seorang perempuan Jawa yang manis dan juga sebagai tunangan Hidjo, terpaksa menjalani hubungan jarak jauh serta mengandalkan surat sebagai alat komunikasi mereka. Bersahabat dengan Woengoe, yang juga menaruh hati pada Hidjo dan hanya bisa dia pendam.

Konteks sosial yang digunakan pada alur ini pun, juga membuka pikiran kita sebagai pembaca, bahwa kritik terhadap bangsa Belanda yang sangat dihormati bangsa Hindia. Mereka tidak lebih dari seorang buruh atau bahkan pekerja kasar. Hingga tibanya di Hindia, mereka datang sebagai serdadu selama belasan tahun serta meraih pangkat dan kedudukan dalam militer.

Hal ini yang juga dikritik oleh sesama bangsa Belanda. Mereka menyadari perlakuan bangsa Belanda yang tidak beradab terhadap Hindia. Bangsa Hindia lah yang membuat negara mereka kaya.

Konteks sosial yang lain adalah budaya masyarakat Jawa yang arif dan sangat berpegang dengan ajaran leluhur yang cukup mengemas novel ini menjadi karya sastra yang khas pada era kolonial Belanda.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *