Prepare, then Go Travel!

September 17, 2019

Perjalanan yang selayaknya seperti membaca buku. Jika dunia ini ibarat sebuah buku, melakukan perjalanan adalah aktivitas membaca setiap lembarnya.

Menjadi seorang warga negara yang memiliki limpahan budaya dan kekayaan beragam menjadikanku untuk pandai bersyukur. bagaimana tidak ? Kelimpahan alam yang beragam dikaruniakan kepada kita secara cuma-cuma. inilah yang membuat siapa saja untuk mendekat dan mengetahui apapun tentang Indonesia, tak terbatas laki-laki maupun perempuan.

bagi sebagian orang, merencanakan perjalanan seorang diri harus melewati perencanaan yang panjang dan matang. Mungkin ini yang pernah dilakukan oleh sebagian besar traveler yang belum memiliki jam terbang yang tinggi. Ini merupakan sebuah proses awal, hanya perlu pembiasaan saja. Bagaimana jika solo-Traveling ? bukan satu masalah besar, justru ini adalah seni sebuah perjalanan dan untuk perempuan, kamu bisa memulainya.

  1. Tentukan tujuan Perjalananmu
image was taken from here

Menetukan tujuan perlanan dengan jelas akan berbanding lurus dengan jelasnya pengeluaran, dalam artian predictable cost dapat terlihat sejak awal. Tidak hanya itu, tujuan yang jelas dapat menetukan dimana kamu akan tinggal, transportasi apa yang akan kamu gunakan serta aktivitas apa yang akan kamu lakukan disana. Jadi, tentukan tujuanmu akan bepergian kemana sehingga kamu benar-benar bisa terarah

2. Tansportasi apa yang kamu pilih ?

image was taken from here

Tentulah tempat tujuan yang akan datangi dapat menentukan transportasi apa yang akan kamu gunakan. Jika kamu akan menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus memperhitungkan bahan bakarnya. Jangan lupa untuk perhatikan performa mesin kendaraan yaa, karena keawetan mesin harus tetap terjaga dan siap antarkan kamu kemanapun.

Jika kamu memutuskan untuk mengenakan transportasi umum, silakan kamu lakukan riset terlebih dahulu. Kamu bisa buka situs penyedia pemesanan tiket online yang ada di internet. Jika ada promo, just grab fast ! Lumayan kan, bisa hemat sekian persen dan kamu bisa alokasikan dana untuk keperluan yang lain.

3. Maksimalkan Smartphone kamu

image was taken from here

Benda tipis yang selalu melekat kemanapun kita berada ini sudah bukan barang mewah lagi kan ? Kamu bisa maksimalkan smartphone yang kamu punya kok, untuk apa ? Untuk apa aja ! asal tau batasan yaa. Ga sebaiknya kamu gunakan ketika sedang mendengarkan seseorang yang sedang bicara didepanmu.

Benda pintar ini bisa nge-bantu kamu banget soal kebutuhan travelling. Pertama, kamu bisa gunakan untuk riset tempat yang akan kamu tuju. Kedua, kamu bisa gunakan untuk pesan tiket dan penginapan secara online. Ketiga, memastikan posisi kamu dengan menggunakan maps, cek kondisi jalan, ataupun cek rest area yang terdekat. Keempat, jika kamu sedang berada disuatu negara dan kamu ga ngerti sama sekali tulisan yang berlaku disana, fitur Google Lens bisa bantu kamu banget! Kelima, jelas kamu bisa gunakan untuk mengabadikan moment terbaik saat traveling. Smartphone kamu bisa sangat maksimal kok ketika traveling, tanpa mengurangi esensi traveling itu sendiri dan kamu gunakan sebagaimana mestinya.

4. Kamu pilih Koper atau Ransel ?

image was taken from here

Memilih koper ataupun ransel bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kenyamanan kok. Kamu harus pintar memilih dan memilah barang apa saja yang akan menemani kamu selama perjalanan nanti. Sehingga kamu bisa menetukan jenis tas mana yang akan kamu pilih. Barang-barang keperluan mandi, skin care, obat-obatan pribadi sampai alat survival juga perlu kamu pikirkan untuk dibawa. Sedia payung sebelum hujan juga perlu, kaan ?

Durasi perjalanan juga perlu kamu perhatikan, misal kamu akan mengunjungi ke suatu pulau atau ke suatu negara yang memerlukan durasi 2 sampai 3 minggu. Koper bisa jadi pilihan, namun ransel juga tidak menutup kemungkinan. Tapi misal kamu pergi ke Mekkah untuk ibadah Haji misal, apa mungkin kamu akan bawa Ransel saja ? dan ketikan kamu pergi dengan menggunakan kendaraan bermotor misalnya atau solo-bikepacking, menggunakan koper hanya akan menyusahkan kamu. Jadi semua tergantung kebutuhan dan kenyamanan

Lalu, kapan ransel bisa kamu gunakan ?

Ransel bisa kamu gunakan ketika kamu pergi ke bukit atau mendaki gunung yang rendah dengan tektok (1-2 jam perjalanan dari basecamp ke puncak). Menyusuri suatu kota ? Ransel adalah pilihan yang tepat. dengan bentuknya yang simple dan bahan yang ringan, bisa memudahkan langkah kamu untuk siap telusuri kota. Kepantai pun bisa memakai ransel ! isi ransel dengan barang-barang keperluan pantaimu! packing lalu berangkat !

5. Save money and go !

image was taken from here

Terus menabung untuk traveling yang lebih baik! menyisihkan sebagian uang yang kamu punya untuk pergi traveling tidak ada salahnya kok. Kita sadari segala keperluan untuk bepergian tidak akan bisa lepas dari uang. Bahkan kita juga perlu untuk menyiapkan anggaran tidak terduga saat bepergian. Gunakan uang tunai dan non-tunai sebagai opsi. Uang tunai kamu perlukan jika kamu akan menggunakan toilet umum ataupun membayar parkir. untuk yang non-tunai kamu bisa menggunakan OVO, Go-Pay atau Internet banking. Selain lebih praktis tanpa harus membawa uang secara tunai, pembayaran non-tunai juga lebih aman.

6. Dokumen penting jangan sampai lupa !!

image was taken from here

Jangan lupakan dokumen sebagai kelengkapan administrasi kamu sebagai penduduk. Kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi pada saat traveling. Sebagai antisipasi kita bisa menggunakan dokumen kependudukan seperti e-KTP, SIM ataupun passport. Terakhir, selalu kabarkan kepada orang terdekatmu sedang dimana kamu berada. Jangan buat mereka cemas, tujuan traveling adalah pulang dengan selamat dan selalu waspada dimanapun kamu berada. Prepare yourself, and go travel !

Tags: , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *