Tenang, Sejuk dan Damai di Kayon

April 25, 2017

Alam memang tak pernah kecewakan manusia. Ketika alam murka coba refleksi kembali, apa yang sudah manusia berikan kepada alam. Sedikit refleksi dari alam yang harus datang pada fikiran manusia sebagai rasa syukur kepada Tuhan yang berikan fasilitas alam dari bentang horizontal hingga vertikal sebelum manusia ada.
Mendapatkan ketenangan merupakan hak bagi setiap mahluk, begitupun manusia. berbicara tentang alam dan ketenangan merupakan dua hal yang saling mengisi. Jargon back to nature merupakan jargon yang masih digema-gaungkan untuk mengajak masyarakat bersama dalam menjaga dan memelihara alam.
Sedikit beralih dari hiruk pikuk kebisingan kota, tulisan kali ini ingin mengajak pembaca untuk turut merasakan suasana dinginnya hutan pinus kaki gunung Merbabu, Jawa Tengah.
6.jpg
Tepat di Dusun Wonosari, wilayah Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang sekitar 20 menit dari kota Salatiga menuju arah Kopeng, terdapat hutan pinus bernama “Kayon” terletak di kaki gunung Merbabu. Suasana dingin khas pegunungan serta sesekali diiringi kabut tipis selimuti pepohonan pinus diperbukitan. Suasana hutan yang bersebrangan dengan sikap hangatnya penduduk menandakan bahwa hutan ini berada pada suatu pedesaan atau melewati suatu perkampungan penduduk, Benar ! untuk dapat mencapai hutan pinus Kayon, kita harus melewati kebun pertanian warga ciri khas pedesaan.
Berikut dokumentasinya khusus buat kamu !!
Disambut warna hijau dari daun pohon pinus menambah kesegaran secara visual untuk pandangan mata. Tak akan pernah bosan memandang ribuan daun berbentuk jarum pada pepohonan pinus “Kayon”
2.jpg
Memandang keatas akan pohon pohon pinus yang menjulang tinggi dan dihiasi warna hijau yang cukup ramah dipandang mata.
9.jpg
4.jpg
Sepi memang hutan ini, jarang orang mengerti tempat ini, hanya beberapa saja orang-orang yang datang ke Hutan Pinus “Kayon” hanya terdapat penduduk sekitar yang pergi ke hutan pinus untuk mencari ranting-ranting pohon, daun kering atau biji pinus untuk dimanfaatkan kembali.
7.jpg

                                                    in frame Tya, Azkia and Dewi

Mau Cari tempat diskusi yang beda dari biasanya atau sekedar camcer tanpa harus mendaki gunung ? Hutan pinus Kayon recommended banget, kok !
IMG-20170420-WA0008.jpg

                                          thanks to Venty for supporting this picture

Apalagi buat kumpul komunitas kamu sambil gelantungan pake hammock, asikin aja lagi ! tapi ingat jaga kelestarian hutan dan bawa pulang sampah kamu ya.

Xylophile adalah sebutan untuk orang yang begitu menyukai suasana ketenangan hutan.

Prepare your needs, and go fast !!

#WonderfulIndonesia #VisitJateng #HutanPinusKayon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *